laporan KULIAH LAPANGAN
KUNJUNGAN KE PT PLN(PERSERO)
P3B JAWA BALI,
PT MASPION, DAN
PT SARI BAHARI
Disusun Oleh :
Nama : I Gede Putu Agus Wiranata Panca
NIM : 11 07 06625 / TF
Program Studi Teknik Informatika
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
2013
.
BAB I
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Kuliah lapangan merupakan
matakuliah wajib yang harus diambil mahasiswa untuk memenuhi syarat pengambilan
matakuliah yang bersangkutan pada semester berikutnya. Pada mata kuliah ini
mahasiswa akan diajak berkunjung ke beberapa perusahaan yang berkaitan ataupun
yang tidak berkaitan dengan jurusan yang diambil oleh mahasiswa. Mahasiswa akan
dihadapkan dengan kondisi dunia kerja yang belum mahasiswa ketahui. Untuk
mengetahui bagaimana sebenarnya dunia kerja tersebut, maka mahasiswa diwajibkan
untuk mengambil matakuliah kuliah lapangan. Mahasiswa akan mendapat gambaran mengenai
dunia kerja di suatu perusahaan melalui kunjungan yang dilakukan oleh mahasiswa
beserta dosen pembimbingnya ke perusahaan tersebut. Selain itu mahasiswa juga akan
mendapatkan banyak manfaat, mulai dari pengalaman baru, pengetahuan baru,
wawasan baru, dan informasi lainnya yang akan berguna bagi mahasiswa. Dengan
menyadari bahwa pentingnya matakuliah ini maka kuliah lapangan dijadikan
sebagai mata kuliah wajib.
B.
Tujuan Kuliah Lapangan
Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan
Kuliah Lapangan ke PT PLN P3B JB, PT MASPION dan PT SARI BAHARI
adalah sebagai berikut:
1.
Memberikan gambaran
secara langsung kepada mahasiswa mengenai bagaimana sebenarnya kondisi dunia kerja yang akan dihadapi oleh mahasiswa
setelah mahasiswa lulus kuliah. Mulai dari kondisi lingkungan kerjanya, kondisi
karyawan yang bekerja, pekerjaan apa saja yang dilakukan, dan lain sebagainya
di suatu perusahaan.
2.
Memberikan
pengetahuan mengenai berbagai bidang pekerjaan yang ada melalui kunjungan ke berbagai
perusahaan. Dengan melakukan kunjungan ke beberapa perusahaan yang berbeda,
maka mahasiswa akan mengetahui banyak bidang pekerjaan, dan nantinya mahasiswa
bisa memilih bidang pekerjaan apa yang cocok untuk dirinya.
3.
Memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat mengetahui lebih dalam mengenai suatu
perusahaan atau bidang pekerjaan yang ada pada perusahaan tersebut melalui sesi
tanya jawab yang dilakukan pada saat mahasiswa berkunjung ke perusahaan.
4.
Memperkaya wawasan yang
berkaitan langsung dengan suatu pekerjaan
yang ada pada perusahaan yang dikunjungi. Mahasiswa dapat menanyakan berbagai
macam hal kepada perusahaan, dan pihak perusahaan akan memberikan jawaban dari
hal yang ditanyakan oleh mahasiswa. Sehingga dari jawaban tersebut mahasiswa
akan banyak mendapatkan wawasan baru.
C.
Manfaat
Manfaat Bagi mahasiswa:
1.
Mengetahui secara
langsung profil perusahaan, fisik bangunan, serta mekanisme kerja perusahaan
baik dari sisi manajemen operasional, SDM, keuangan, dan pemasaran.
2.
Mempraktikkan
teori-teori yang telah diperoleh dalam proses kegiatan di perusahaan/institusi.
3.
Terinspirasi serta
termotivasi untuk mendirikan usaha/bisnis setelah memperoleh gambaran di
lapangan.
Manfaat bagi Universitas Atma Jaya Yogyakarta
1.
Memperoleh masukan
terkait isu-isu terkini dalam dunia kerja serta usaha sebagai bahan
pengembangan penelitian dan pendidikan.
2.
Meningkatkan dan
memperluas jaringan kerjasama (network) dengan institusi bisnis baik swasta,
BUMN, dan sebagainya.
BAB
II
PROFIL DAN DESKRIPSI PERUSAHAAN
A.
PT PLN P3B JB
1. Deskripsi Singkat Perusahaan
PT PLN P3B JB (Penyaluran dan Pusat Pengaturan Beban Jawa Bali) adalah
sebuah unit induk PLN yang berdiri pada tahun 1995 tepatnya pada tanggal 2
Oktober 1995 yang disahkan melalui keputusan direksi PT PLN (Persero) nomor
093.K/023/DIR/1995. Saat itu P3B JB
dipimpin oleh Hizban Ahmad. Pada awal berdirinya, unit ini mengelola
sistem tegangan ekstra tinggi 500 kV, tengangan tinggi 150 kV, tegangan
menengah 70 kV, dan tegangan rendah 20 kV. Sejak berdirinya unit induk PLN ini
sampai beberapa tahun ke depan, unit induk PLN banyak mengalami perubahan–perubahan
dari segi kebijakan dalam sistem ketenagalistrikannya, seperti pemberlakuan
undang-undang sampai dengan dibatalkannya undang-udang tersebut. Sehingga unit
induk PLN mengalami beberapa kali restrukturisasi sebagai bentuk penyesuaian
dan penyempurnaan organisasi. Adapun visi dan misi dari P3B Jawa Bali. Visinya adalah Diakui sebagai pengelola transmisi, operasi
sistem, dan transaksi tenaga listrik dengan kualitas pelayanan setara kelas dunia,
yang mampu memenuhi harapan stakeholders dan memberikan kontribusi dalam peningkatan
kesejahteraan masyarakat, dan Misinya adalah Mengelola operasi sistem tenaga
listrik secara andal, Melakukan dan mengelola penyaluran tenaga listrik
tegangan tinggi secara efisien, handal dan akrab lingkungan, Mengelola
transaksi tenaga listrik secara kompetitif , transparan dan adil, dan Melaksanakan
pembangunan instalasi sistem transmisi tenaga listrik Jawa-Bali
2.
Alamat Perusahaan
Alamat :
Jl. Suningrat No. 45 Taman, Sepanjang, Sidoarjo - 61257
Phone : 031-7882113, 7882114 -
Fax: 7882578
E-mail : region4@pln-jawa-bali.co.id
3. Produk atau Jasa yang Ditawarkan
Hal
yang dikelola oleh PT PLN P3B JB (Penyaluran dan Pusat Pengaturan Beban Jawa Bali)
adalah mengenai ketenagalistrikan, dan bidang
usaha pokok yang ditangani oleh unit PLN P3B antara lain adalah pelaksana
monopoli transmisi, pengelola operasi sistem, dan transaksi tenaga listrik.
Adapun hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan tenaga listrik seperti yang
pertama adalah penyaluran tenaga listrik, yaitu bagaimana listrik tersebut akan
disambungkan ke sistem penyalurannya. Kedua adalah operasi sistem tenaga
listrik, yaitu bagaimana mengatur dan mengelola energi serta bagaimana suatu
operasi tersebut dikendalikan. Ketiga adalah transaksi tenaga listrik, yaitu
bagaimana informasi sistem tenaga listrik itu disediakan dan bagaimana
mengelola transaksinya. Dan yang terakhir adalah Setelmen transaksi tenaga
listrik, yaitu perhitungan dan pengelolaan tagihan transmision charges, system
service charges, dan transaksi tenaga listrik, termasuk pengelolaan sistem
metering. Selain jasa-jasa yang disebutkan diatas, ada pula jasa lain yang dikelola
oleh P3B JB, dimana jasa lain selain jasa utama, dimaksudkan untuk mengoptimalkan
penggunaan sumberdaya dan investasi yang telah dilakukan agar dapat memberikan
kontribusi kepada laba usaha P3B. Jenis-jenis jasa tersebut antara lain jasa
operasi dan pemeliharaan instalasi listrik, konstruksi atau instalasi gardu
induk dan transmisi, konsultasi dan pelatihan , penyewaan peralatan dan
properti, serta hal lainnya yang berkaitan dengan kelistrikan.
B.
PT MASPION
1. Deskripsi Singkat Perusahaan
PT MASPION didirikan oleh Mr Alim Husin dan rekannya Mr Gunardi Go.
Perusahaan tersebut didirikan pada tahun 1962. Dari awal berdirinya sampai
dengan sekarang, perusahaan ini telah mengalami banyak perkembangan dan
mendapat pengakuan di industri sebagai produsen yang berkualitas dan yang dapat
diandalkan. Oleh karena itu, PT MASPION bisa menjadi perusahaan yang paling
dihormati di Indonesia. PT MASPION memiliki keahlian yang kuat dibidang
pemasaran dan manufaktur dari berbagai rangkaian produk peralatan rumah tangga
yang berkualitas, seperti peralatan dapur, peralatan rumah tangga plastic,
peralatan rumah tangga dari bahan kaca, dan peralatan listrik. Perusahaan ini
mempekerjakan sekitar 13.000 orang dengan fasilitas produksi yang tersebar
empat kawasan industri Sidoarjo dan Gresik, Jawa Timur, Jawa Barat, dan satu
pabrik di Jakarta. Dan perusahaan ini memiliki jaringan distribusi yang mapan
dan luas baik domestik maupun internasional melalui distributor, agen, atau
pengecer, serta perwakilan di beberapa kota besar di Indonesia dan di
Negara-negara maju.
2.
Alamat Perusahaan
Alamat :
Desa Sawotratap, Gedangan, Sidoarjo 61254 - Indonesia
Phone : +62-31-8531531, 8532994
- Fax: +62-31-8543350
E-mail : mspunit1@maspion.com
3. Produk
atau Jasa yang Ditawarkan
Produk
yang ditawarkan oleh PT MASPION adalah lebih dominan ke peralatan rumah tangga.
Peralatan-peralatan tersebut contohnya seperti teflon, kipas angin, gelas,
sendok, dan lain sebagainya. Dan nama-nama produk yang dimiliki oleh PT MASPION
adalah Uchida, Maxim, Maspion Electric, Tivoli, Maspion plastic, Plasticwares, Vanda
melamine, Panda, Maslon, Aubecq, Logam jawa, Ishizuka, PVC, Doff, dan Meglio. Untuk
pemasaran dari produk yang dimiliki perusahaan ini, dipasarkan melalui pengecer
besar dan grosir, baik dipasar domestik ataupun dipasar internasional.
C.
PT SARI BAHARI
1. Deskripsi Singkat Perusahaan
PT SARI BAHARI adalah sebuah perusahaan dalam negeri yang bergerak di
bidang industri pertahanan. Perusahaan ini mengerjakan pembuatan bom untuk
latihan militer dan juga bom untuk digunakan pada pesawat tempur standar milik
rusia dan standar NATO. Perusahaan ini didirikan oleh Ir. Ricky Hendrik Egam
yang saat itu berkedudukan sebagai Direktur utama pada tahun 1993. PT SARI
BAHARI mampu memproduksi bom sebanyak ratusan unit per bulannya dan kemampuan
tersebut masih dapat ditingkatkan sesuai jumlah pemesanan bomnya. Untuk
memproduksi bom, perusahaan ini memiliki fasilitas mesin produksi antara lain :
unit pengecoran, mesin milling, electrode
welding, hidroulic press, frais, lathe, mig welding, CNC unit dan alat-alat uji. Dalam pengembangan
produksinya, PT SARI BAHARI selalu mengedepankan dan mengembangkan Research Engineering dengan melibatkan
lembaga-lembaga penelitian nasional, agar hasil produksinya memiliki jaminan
kualitas yang tinggi, aman digunakan serta selalu mengikuti perkembangan
teknologi. Dan dengan kualitas yang baik tersebut, perusahaan berharap mampu
bersaing dengan baik juga dengan produk lain secara nasional maupun
internasional.
2.
Alamat Perusahaan
Alamat :
Jl. Muharto Malang 65145 Jawa Timur - Indonesia
Phone : +62-341-551408 - Fax:
+62-341-551408
E-mail : info@saribahari.com
3. Produk
atau Jasa yang Ditawarkan
PT SARI BAHARI
menawarkan produk bom. Ada beberapa jenis bom yang diproduksi oleh perusahaan
ini seperti BOMB P-100, BOMB P-100 L, BOMB P-25, dan SMOKE WARHEAD.
Bom P-100 adalah bom yang digunakan untuk latihan pengeboman pada siang hari,
baik untuk latihan ketepatan sasaran dan juga latihan pemasangan bom pada pesawat
tempur oleh personilnya. Bom P-100 L adalah bom fragmentasi dengan daya ledak
tinggi, daya ledaknya mampu menghancurkan kendaraan lapis baja. Bom P-25 adalah
bom kecil yang dipasang pada pesawat NATO yang digunakan untuk latihan. Bom ini
tidak menggunakan Fuze dan pada saat bom mengenai sasarannya, maka bom akan
mengeluarkan asap. Dan bom yang terakhir adalah Smoke Warhead, bom ini juga digunakan untuk latihan, yaitu latihan
penembakan roket cal. Kepala roket akan pecah saat mengenai sasaran dan
mengeluarkan asap putih tebal.
BAB
III
HASIL KUNJUNGAN DAN
OBSERVASI KULIAH LAPANGAN
A. Kunjungan
Ke PT PLN P3B JB
Hari pertama
kunjungan KL(Kuliah Lapangan) adalah ke PT PLN P3B JB(Penyaluran dan Pusat Pengaturan Beban Jawa Bali). Di PLN
mahasiswa disambut dan diajak langsung ke ruang kerja utama untuk mendengarkan
penjelasan yang akan disampaikan oleh pihak PLN. Diruang kerja tersebut
terdapat alat pemantau dari pemakaian listrik disetiap daerah di Jawa Timur
sampai ke daerah Bali. Dan ada tiga orang operator diruangan tersebut yang
mengoperasikan alatnya, operatornya sendiri disebut dengan Dispatcher(pengatur lalu lintas listrik). Setelah beberapa menit
diberikan kata sambutan oleh pihak PLN dan juga pihak kampus, mahasiswa
diberikan informasi mengenai bagaimana pemakaian listrik oleh konsumen.
Contohnya seperti bagaimana konsumen mengkonsumsi listrik setiap hari dan
berapa banyak listrik yang digunakan. Pihak PLN juga menceritakan
permasalahan-permasalahan yang sering dialami, contohnya masalah pada fungsi
generator, masalah pemeliharaan dan pemenuhan kebutuhan konsumsi listrik
disetiap daerah. Untuk sistem ketenagaan listriknya atau proses bisnis dari
listriknya tersebut adalah dari pembangkit listrik, lalu ke penyaluran, dan
terakhir distribusinya. Lalu pihak PLN juga membeberkan sedikit tentang sistem
yang digunakannya, yaitu menggunakan sistem operasi SCADA (supervisory control and data acquisition). Sistem ini memiliki
fungsi yang handal, seperti bisa melaksanakan remote switching, melaksanakan monitoring pengukuran, monitoring
alarm gangguan, perekaman data gangguan sistem, dan pengaturan tegangan serta
frekuensi. Seperti itulah hal yang dikerjakan oleh PLN, jadi pengoperasian dan
pengendalian sistem tenaga listrik harus secara real time dengan panduan rencana operasi dan strategi operasi untuk
pemulihan apabila terjadi gangguan, dan tetap memperhatikan mutu serta
keandalan.
Sesi penjelasan,
pihak PLN memberikan sesi tanya jawab untuk mahasiswa dan juga untuk dosen.
Pada sesi ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai banyak
hal yang bersangkutan dengan PLN. Ada beberapa mahasiswa yang sempat bertanya,
dan pertanyaannya berkaitan seputar detail sistem yang digunakan PLN, serta kriteria
atau persyaratan untuk menjadi karyawan di PLN tersebut. Dari sesi penjelasan
dan sesi pertanyaan, mahasiswa telah banyak mendapatkan informasi yang berguna,mahasiswa
diberikan wawasan tentang pengelolaan listrik, distribusi listrik, dan banyak
hal lainya yang berkaitan mengenai listrik. Dan dari informasi yang diberikan mungkin
informasi tersebut bisa bermanfaat dikemudian hari. Dan terakhir setelah sesi tanya jawab, pihak
kampus memberikan kenang-kenangan kepada PLN sebagai tanda penghormatan telah
diijinkan mengadakan KL di PLN, lalu dilajutkan dengan foto bersama.
Gambar 1. Foto Bareng PLN
B. Kunjungan Ke PT MASPION
Kunjungan ke PT
MASPION dilaksanakan setelah selesai melakukan kunjungan dari PT PLN P3B JB(Penyaluran dan Pusat Pengaturan Beban Jawa
Bali). Sesampainya di perusahaan tersebut, mahasiswa sempat menunggu
beberapa menit karena pihak dari perusahaan belum siap untuk menyambut. Dan
setelah beberapa menit mahasiswa disambut dan langsung diajak ke sebuah
showroom dari produk-produk yang diproduksi oleh PT MASPION. Setelah puas
melihat-lihat produk Maspion, mahasiswa langsung diajak ke ruang diskusi,
disana pihak perusahaan memberikan penjelasan singkat mengenai profil
perusahaan dan juga produk apa saja yang telah diproduksi, serta kemana saja
pemasarannya. Dalam diskusi pihak perusahaan juga berbincang-bincang mengenai
masalah IT yang digunakan di industrinya. Saat itu PT MASPION menceritakan
sedikit mengenai proses bisnisnya yang masih menggunakan sistem informasi
tradisional yaitu yang masih berbasis Microsoft
office excel. Jadi data-data produk dan yang lainnya masih dikelola dengan Microsoft office excel. PT MASPION juga
sempat ingin menerapkan sistem informasi baru, yaitu sistem informasi milik Oracle, tapi sistem tesebut batal
diterapkan, hal itu karena ketidakcocokan antara sistem dengan proses bisnis
milik PT MASPION. Ketidakcocokan tersebut adalah karena sistem milik Oracle adalah sistem yang terintegrasi,
sementara di PT MASPION terbagi-bagi menjadi beberapa unit dan tiap unit
memiliki sistem pengelolaannya sendiri. Jadi untuk menggabungkan semua sistem
menjadi satu, itu dirasa sangat sulit, dan dilain hal akan mengubah total
proses bisnisnya. Oleh karena itu, sistem milik Oracle dirasa kurang cocok.
Sesi penjelasan
hanya dilakukan sebentar, lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi
ini tidak banyak mahasiswa yang bertanya, karena dari sesi penjelasan
sebelumnya, tidak banyak dibahas mengenai masalah IT. Selesai sesi tanya jawab,
dilanjutkan dengan menyerahkan kenang-kenangan kepada pihak perusaahaan sebagai
tanda hormat. Barulah setelah itu mahasiswa diajak berkunjung ke pabrik dan
melihat proses produksi dari salah satu produk Maspion, yaitu Teflon. Dari
perusahaan ini mahasiswa mendapatkan informasi mengenai langkah-langkah
memproduksi sebuah produk, dan juga mengetahui bagaimana kondisi lingkungan
pekerjaan di pabrik. Dan terakhir setelah keluar dari pabrik, dosen, mahasiswa,
dan pihak perusahaan mengadakan foto bersama.
Gambar 2. Foto
Bareng Maspion
C. Kunjungan Ke PT SARI BAHARI
Hari kedua
kunjungan KL(Kuliah Lapangan) adalah ke PT SARI BAHARI. Sesampainya mahasiswa
di perusahaan, mahasiswa dan dosen langsung disambut dengan hangat oleh pihak
perusahaan. Pihak kampus merasa sangat senang karena telah disambut dan begitu
dihormati. Dan setelah itu, sama seperti saat berkunjung ke perusahaan yang sebelumnya,pihak
perusahaan mulai menjelaskan mengenai profil perusahaannya dan produk apa saja
yang diproduksinya. Untuk setiap produk bomnya diperkenalkan satu persatu mulai dari bom tipe
P-100 yang digunakan untuk latihan saja, P-100 L yang digunkan pada pesawat
tempur, P-25, dan smoke warhead yang
juga digunakan untuk latihan. Setelah sesi penjelasan selesai, dilanjutkan
dengan sesi tanya jawab, dan di sesi ini tidak banyak juga yang bertanya,
alasanya sama seperti sebelumnya, karena tidak begitu berkaitan dengan masalah
IT, hanya ada beberapa proses yang menerapkan IT. Walaupun begitu, PT SARI
BAHARI sudah merencanakan akan menerapkan IT pada produknya. Penerapan IT
tersebut rencananya akan diterapkan untuk merancang bentuk dari bom. Jadi
dibuat sebuah sistem yang bisa melakukan simulasi ledakan, agar saat proses
perancangan bom, baik dari segi ukuran dan bahan-bahannya bisa diperhitungkan
dengan baik. Disini mahasiswa mendapat informasi bagaimana bom itu diproduksi
dan bagaimana cara kerja bom saat dipakai, serta siapa saja konsumennya.
Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dan foto bersama. Lalu
berkeliling melihat tempat workshop PT
SARI BAHARI, dan juga melihat bom-bom yang sudah selesai diproduksi.
Gambar 3. Foto Bareng Sari Bahari
BAB
IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Kuliah lapangan
yang mulai dilaksanakan pada tanggal 20 oktober sampai dengan tanggal 23
oktober 2013 sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena dalam kegiatan tersebut
mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman yang
baru. Dimulai saat berkunjung ke PT PLN P3B JB(Penyaluran dan Pusat Pengaturan Beban Jawa Bali), di PLN
mahasiswa mendapat pengetahuan bagaimana sebenarnya listrik didistribusikan. Selanjutnya
ke PT MASPION, mahasiswa berkunjung ke salah satu unit perusahaannya, yang
dimana unitnya ini memproduksi produk Teflon. Di unit tersebut mahasiswa diajak
berkeliling untuk melihat proses produksi. Kemudian yang terakhir mahasiswa
berkunjung ke perusahaan bom yaitu PT SARI BAHARI. Ada beberapa jenis bom yang
diproduksi oleh perusahaan tersebut. Dan dari ketiga perusahaan yang
dikunjungi, PT PLN lah yang sudah menerapkan IT dengan baik pada proses
bisnisnya, yaitu sistem SCADA yang digunakan untuk memantau pemakaian listrik.
Sementara untuk PT MASPION dan PT SARI BAHARI belum banyak menerapkan IT.
Ternyata dari banyak perusahaan yang ada, tidak semua perusahaan memanfaatkan
IT untuk membantu proses bisnis perusahaannya. Hal tersebut mungkin disebabkan
oleh beberapa faktor, seperti perusahaan memang tidak butuh untuk menerapkan sistem informasi karena sudah puas
dengan sistem yang dimilikinya, sistem informasi tidak cocok dengan proses
bisnis perusahaan, dan lain sebagainya. Dari hasil kunjungan KL, mahasiswa
telah mendapatkan banyak informasi yang sangat bermanfaat.
B. Kesan
Selama Mengikuti Kuliah Lapangan
Kuliah lapangan sangat
berkesan bagi mahasiswa, karena selain mahasiswa bisa mendapat pengalaman dan
wawasan baru, mahasiswa juga merasa sangat senang karena bisa berkumpul dan
berekreasi bersama dengan teman-teman. Saat berada diperusahaan, mahasiswa
sangat kagum dengan hal-hal yang dikerjakan oleh karyawan diperusahaan
tersebut. Seperti di PLN, mahasiswa bisa melihat sebuah sistem yang begitu
besar untuk memantau pemakaian listrik di banyak daerah. Dan saat berekreasi,
mahasiswa merasa sangat senang bisa berkunjung ke taman rekreasi. Perjalanan
yang cukup melelahkan dapat terbayar dengan hiburan yang didapatkan di taman
rekreasi. Disana mahasiswa bisa bermain-main bersama teman-teman, sehingga bisa
mersasa sangat terhibur.
C.
Kritik dan Saran
Masalah transportasi.
Tempat duduk pada bus tidak begitu nyaman saat diduduki dan saat dipakai untuk
tidur. Untuk makan, baik makan pagi, siang, atau malam lebih baik makan bersama
dirumah makan, jangan diberikan makan nasi kotak. Dan untuk rekreasi, mahasiswa
lebih diperhatikan saat memainkan wahana, agar tidak terjadi hal yang tidak
diinginkan. Kemudian untuk saran, saat berkunjung kepusat oleh-oleh, diusahakan
pusat oleh-oleh yang lebih ramai, sehingga lebih banyak pilihan. Untuk wisma
diusahakan yang lebih nyaman dan kamar tidurnya agak luas. Lalu untuk rekreasi
diusahakan selalu bersama-sama, jadi teman-teman tidak berpisah, sehingga momen
kebersamaanya dapat. Dan terakhir yang paling penting adalah untuk perusahaan
yang dikunjungi diusahakan lebih banyak yang ada bidang ITnya. Terima Kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar