Kuliah Lapangan

laporan KULIAH LAPANGAN

KUNJUNGAN KE PT PLN(PERSERO) P3B JAWA BALI,
PT MASPION, DAN PT SARI BAHARI





Disusun Oleh :
            Nama    : I Gede Putu Agus Wiranata Panca
            NIM       : 11 07 06625 / TF



Program Studi Teknik Informatika
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
2013


.
BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Kuliah lapangan merupakan matakuliah wajib yang harus diambil mahasiswa untuk memenuhi syarat pengambilan matakuliah yang bersangkutan pada semester berikutnya. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan diajak berkunjung ke beberapa perusahaan yang berkaitan ataupun yang tidak berkaitan dengan jurusan yang diambil oleh mahasiswa. Mahasiswa akan dihadapkan dengan kondisi dunia kerja yang belum mahasiswa ketahui. Untuk mengetahui bagaimana sebenarnya dunia kerja tersebut, maka mahasiswa diwajibkan untuk mengambil matakuliah kuliah lapangan. Mahasiswa akan mendapat gambaran mengenai dunia kerja di suatu perusahaan melalui kunjungan yang dilakukan oleh mahasiswa beserta dosen pembimbingnya ke perusahaan tersebut. Selain itu mahasiswa juga akan mendapatkan banyak manfaat, mulai dari pengalaman baru, pengetahuan baru, wawasan baru, dan informasi lainnya yang akan berguna bagi mahasiswa. Dengan menyadari bahwa pentingnya matakuliah ini maka kuliah lapangan dijadikan sebagai mata kuliah wajib.

B.    Tujuan Kuliah Lapangan
Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan Kuliah Lapangan ke PT PLN P3B JB, PT MASPION dan PT SARI BAHARI  adalah sebagai berikut:
1.       Memberikan gambaran secara langsung kepada mahasiswa mengenai bagaimana sebenarnya kondisi dunia kerja yang akan dihadapi oleh mahasiswa setelah mahasiswa lulus kuliah. Mulai dari kondisi lingkungan kerjanya, kondisi karyawan yang bekerja, pekerjaan apa saja yang dilakukan, dan lain sebagainya di suatu perusahaan.
2.       Memberikan pengetahuan mengenai berbagai bidang pekerjaan yang ada melalui kunjungan ke berbagai perusahaan. Dengan melakukan kunjungan ke beberapa perusahaan yang berbeda, maka mahasiswa akan mengetahui banyak bidang pekerjaan, dan nantinya mahasiswa bisa memilih bidang pekerjaan apa yang cocok untuk dirinya.
3.       Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat mengetahui lebih dalam mengenai suatu perusahaan atau bidang pekerjaan yang ada pada perusahaan tersebut melalui sesi tanya jawab yang dilakukan pada saat mahasiswa berkunjung ke perusahaan. 
4.       Memperkaya wawasan yang berkaitan langsung dengan suatu pekerjaan yang ada pada perusahaan yang dikunjungi. Mahasiswa dapat menanyakan berbagai macam hal kepada perusahaan, dan pihak perusahaan akan memberikan jawaban dari hal yang ditanyakan oleh mahasiswa. Sehingga dari jawaban tersebut mahasiswa akan banyak mendapatkan wawasan baru.

C.    Manfaat
Manfaat Bagi mahasiswa:
1.       Mengetahui secara langsung profil perusahaan, fisik bangunan, serta mekanisme kerja perusahaan baik dari sisi manajemen operasional, SDM, keuangan, dan pemasaran.
2.       Mempraktikkan teori-teori yang telah diperoleh dalam proses kegiatan di perusahaan/institusi.
3.       Terinspirasi serta termotivasi untuk mendirikan usaha/bisnis setelah memperoleh gambaran di lapangan.

Manfaat bagi Universitas Atma Jaya Yogyakarta
1.       Memperoleh masukan terkait isu-isu terkini dalam dunia kerja serta usaha sebagai bahan pengembangan penelitian dan pendidikan.
2.       Meningkatkan dan memperluas jaringan kerjasama (network) dengan institusi bisnis baik swasta, BUMN, dan sebagainya.


BAB II
PROFIL DAN DESKRIPSI PERUSAHAAN

A.         PT PLN P3B JB
1.    Deskripsi Singkat Perusahaan
PT PLN P3B JB (Penyaluran dan Pusat Pengaturan Beban Jawa Bali) adalah sebuah unit induk PLN yang berdiri pada tahun 1995 tepatnya pada tanggal 2 Oktober 1995 yang disahkan melalui keputusan direksi PT PLN (Persero) nomor 093.K/023/DIR/1995. Saat itu P3B JB  dipimpin oleh Hizban Ahmad. Pada awal berdirinya, unit ini mengelola sistem tegangan ekstra tinggi 500 kV, tengangan tinggi 150 kV, tegangan menengah 70 kV, dan tegangan rendah 20 kV. Sejak berdirinya unit induk PLN ini sampai beberapa tahun ke depan, unit induk PLN banyak mengalami perubahan–perubahan dari segi kebijakan dalam sistem ketenagalistrikannya, seperti pemberlakuan undang-undang sampai dengan dibatalkannya undang-udang tersebut. Sehingga unit induk PLN mengalami beberapa kali restrukturisasi sebagai bentuk penyesuaian dan penyempurnaan organisasi. Adapun visi dan misi dari P3B Jawa Bali. Visinya adalah Diakui sebagai pengelola transmisi, operasi sistem, dan transaksi tenaga listrik dengan kualitas pelayanan setara kelas dunia, yang mampu memenuhi harapan stakeholders dan memberikan kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan Misinya adalah Mengelola operasi sistem tenaga listrik secara andal, Melakukan dan mengelola penyaluran tenaga listrik tegangan tinggi secara efisien, handal dan akrab lingkungan, Mengelola transaksi tenaga listrik secara kompetitif , transparan dan adil, dan Melaksanakan pembangunan instalasi sistem transmisi tenaga listrik Jawa-Bali

2.    Alamat Perusahaan
Alamat          : Jl. Suningrat No. 45 Taman, Sepanjang, Sidoarjo - 61257
Phone           : 031-7882113, 7882114 - Fax: 7882578
E-mail            : region4@pln-jawa-bali.co.id


3.    Produk atau Jasa yang Ditawarkan
Hal yang dikelola oleh PT PLN P3B JB (Penyaluran dan Pusat Pengaturan Beban Jawa Bali)  adalah mengenai ketenagalistrikan, dan bidang usaha pokok yang ditangani oleh unit PLN P3B antara lain adalah pelaksana monopoli transmisi, pengelola operasi sistem, dan transaksi tenaga listrik. Adapun hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan tenaga listrik seperti yang pertama adalah penyaluran tenaga listrik, yaitu bagaimana listrik tersebut akan disambungkan ke sistem penyalurannya. Kedua adalah operasi sistem tenaga listrik, yaitu bagaimana mengatur dan mengelola energi serta bagaimana suatu operasi tersebut dikendalikan. Ketiga adalah transaksi tenaga listrik, yaitu bagaimana informasi sistem tenaga listrik itu disediakan dan bagaimana mengelola transaksinya. Dan yang terakhir adalah Setelmen transaksi tenaga listrik, yaitu perhitungan dan pengelolaan tagihan transmision charges, system service charges, dan transaksi tenaga listrik, termasuk pengelolaan sistem metering. Selain jasa-jasa yang disebutkan diatas, ada pula jasa lain yang dikelola oleh P3B JB, dimana jasa lain selain jasa utama, dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan sumberdaya dan investasi yang telah dilakukan agar dapat memberikan kontribusi kepada laba usaha P3B. Jenis-jenis jasa tersebut antara lain jasa operasi dan pemeliharaan instalasi listrik, konstruksi atau instalasi gardu induk dan transmisi, konsultasi dan pelatihan , penyewaan peralatan dan properti, serta hal lainnya yang berkaitan dengan kelistrikan.


B.          PT MASPION
1.    Deskripsi Singkat Perusahaan
PT MASPION didirikan oleh Mr Alim Husin dan rekannya Mr Gunardi Go. Perusahaan tersebut didirikan pada tahun 1962. Dari awal berdirinya sampai dengan sekarang, perusahaan ini telah mengalami banyak perkembangan dan mendapat pengakuan di industri sebagai produsen yang berkualitas dan yang dapat diandalkan. Oleh karena itu, PT MASPION bisa menjadi perusahaan yang paling dihormati di Indonesia. PT MASPION memiliki keahlian yang kuat dibidang pemasaran dan manufaktur dari berbagai rangkaian produk peralatan rumah tangga yang berkualitas, seperti peralatan dapur, peralatan rumah tangga plastic, peralatan rumah tangga dari bahan kaca, dan peralatan listrik. Perusahaan ini mempekerjakan sekitar 13.000 orang dengan fasilitas produksi yang tersebar empat kawasan industri Sidoarjo dan Gresik, Jawa Timur, Jawa Barat, dan satu pabrik di Jakarta. Dan perusahaan ini memiliki jaringan distribusi yang mapan dan luas baik domestik maupun internasional melalui distributor, agen, atau pengecer, serta perwakilan di beberapa kota besar di Indonesia dan di Negara-negara maju.

2.    Alamat Perusahaan
Alamat          : Desa Sawotratap, Gedangan, Sidoarjo 61254 - Indonesia
Phone           : +62-31-8531531, 8532994 - Fax: +62-31-8543350
E-mail            : mspunit1@maspion.com


3.    Produk atau Jasa yang Ditawarkan
Produk yang ditawarkan oleh PT MASPION adalah lebih dominan ke peralatan rumah tangga. Peralatan-peralatan tersebut contohnya seperti teflon, kipas angin, gelas, sendok, dan lain sebagainya. Dan nama-nama produk yang dimiliki oleh PT MASPION adalah Uchida, Maxim, Maspion Electric, Tivoli, Maspion plastic, Plasticwares, Vanda melamine, Panda, Maslon, Aubecq, Logam jawa, Ishizuka, PVC, Doff, dan Meglio. Untuk pemasaran dari produk yang dimiliki perusahaan ini, dipasarkan melalui pengecer besar dan grosir, baik dipasar domestik ataupun dipasar internasional. 


C.          PT SARI BAHARI
1.    Deskripsi Singkat Perusahaan
PT SARI BAHARI adalah sebuah perusahaan dalam negeri yang bergerak di bidang industri pertahanan. Perusahaan ini mengerjakan pembuatan bom untuk latihan militer dan juga bom untuk digunakan pada pesawat tempur standar milik rusia dan standar NATO. Perusahaan ini didirikan oleh Ir. Ricky Hendrik Egam yang saat itu berkedudukan sebagai Direktur utama pada tahun 1993. PT SARI BAHARI mampu memproduksi bom sebanyak ratusan unit per bulannya dan kemampuan tersebut masih dapat ditingkatkan sesuai jumlah pemesanan bomnya. Untuk memproduksi bom, perusahaan ini memiliki fasilitas mesin produksi antara lain : unit pengecoran, mesin milling, electrode welding, hidroulic press, frais, lathe, mig welding, CNC unit dan alat-alat uji. Dalam pengembangan produksinya, PT SARI BAHARI selalu mengedepankan dan mengembangkan Research Engineering dengan melibatkan lembaga-lembaga penelitian nasional, agar hasil produksinya memiliki jaminan kualitas yang tinggi, aman digunakan serta selalu mengikuti perkembangan teknologi. Dan dengan kualitas yang baik tersebut, perusahaan berharap mampu bersaing dengan baik juga dengan produk lain secara nasional maupun internasional.

2.    Alamat Perusahaan
Alamat          : Jl. Muharto Malang 65145 Jawa Timur - Indonesia
Phone           : +62-341-551408 - Fax: +62-341-551408
E-mail            : info@saribahari.com


3.    Produk atau Jasa yang Ditawarkan
PT SARI BAHARI menawarkan produk bom. Ada beberapa jenis bom yang diproduksi oleh perusahaan ini seperti BOMB P-100, BOMB P-100 L, BOMB P-25, dan SMOKE WARHEAD. Bom P-100 adalah bom yang digunakan untuk latihan pengeboman pada siang hari, baik untuk latihan ketepatan sasaran dan juga latihan pemasangan bom pada pesawat tempur oleh personilnya. Bom P-100 L adalah bom fragmentasi dengan daya ledak tinggi, daya ledaknya mampu menghancurkan kendaraan lapis baja. Bom P-25 adalah bom kecil yang dipasang pada pesawat NATO yang digunakan untuk latihan. Bom ini tidak menggunakan Fuze dan pada saat bom mengenai sasarannya, maka bom akan mengeluarkan asap. Dan bom yang terakhir adalah Smoke Warhead, bom ini juga digunakan untuk latihan, yaitu latihan penembakan roket cal. Kepala roket akan pecah saat mengenai sasaran dan mengeluarkan asap putih tebal.


  
BAB III
HASIL KUNJUNGAN DAN OBSERVASI KULIAH LAPANGAN

A.    Kunjungan Ke PT PLN P3B JB
Hari pertama kunjungan KL(Kuliah Lapangan) adalah ke PT PLN P3B JB(Penyaluran dan Pusat Pengaturan Beban Jawa Bali). Di PLN mahasiswa disambut dan diajak langsung ke ruang kerja utama untuk mendengarkan penjelasan yang akan disampaikan oleh pihak PLN. Diruang kerja tersebut terdapat alat pemantau dari pemakaian listrik disetiap daerah di Jawa Timur sampai ke daerah Bali. Dan ada tiga orang operator diruangan tersebut yang mengoperasikan alatnya, operatornya sendiri disebut dengan Dispatcher(pengatur lalu lintas listrik). Setelah beberapa menit diberikan kata sambutan oleh pihak PLN dan juga pihak kampus, mahasiswa diberikan informasi mengenai bagaimana pemakaian listrik oleh konsumen. Contohnya seperti bagaimana konsumen mengkonsumsi listrik setiap hari dan berapa banyak listrik yang digunakan. Pihak PLN juga menceritakan permasalahan-permasalahan yang sering dialami, contohnya masalah pada fungsi generator, masalah pemeliharaan dan pemenuhan kebutuhan konsumsi listrik disetiap daerah. Untuk sistem ketenagaan listriknya atau proses bisnis dari listriknya tersebut adalah dari pembangkit listrik, lalu ke penyaluran, dan terakhir distribusinya. Lalu pihak PLN juga membeberkan sedikit tentang sistem yang digunakannya, yaitu menggunakan sistem operasi SCADA (supervisory control and data acquisition). Sistem ini memiliki fungsi yang handal, seperti bisa melaksanakan remote switching, melaksanakan monitoring pengukuran, monitoring alarm gangguan, perekaman data gangguan sistem, dan pengaturan tegangan serta frekuensi. Seperti itulah hal yang dikerjakan oleh PLN, jadi pengoperasian dan pengendalian sistem tenaga listrik harus secara real time dengan panduan rencana operasi dan strategi operasi untuk pemulihan apabila terjadi gangguan, dan tetap memperhatikan mutu serta keandalan.
Sesi penjelasan, pihak PLN memberikan sesi tanya jawab untuk mahasiswa dan juga untuk dosen. Pada sesi ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai banyak hal yang bersangkutan dengan PLN. Ada beberapa mahasiswa yang sempat bertanya, dan pertanyaannya berkaitan seputar detail sistem yang digunakan PLN, serta kriteria atau persyaratan untuk menjadi karyawan di PLN tersebut. Dari sesi penjelasan dan sesi pertanyaan, mahasiswa telah banyak mendapatkan informasi yang berguna,mahasiswa diberikan wawasan tentang pengelolaan listrik, distribusi listrik, dan banyak hal lainya yang berkaitan mengenai listrik. Dan dari informasi yang diberikan mungkin informasi tersebut bisa bermanfaat dikemudian hari.  Dan terakhir setelah sesi tanya jawab, pihak kampus memberikan kenang-kenangan kepada PLN sebagai tanda penghormatan telah diijinkan mengadakan KL di PLN, lalu dilajutkan dengan foto bersama.
Gambar 1. Foto Bareng PLN

B.    Kunjungan Ke PT MASPION
Kunjungan ke PT MASPION dilaksanakan setelah selesai melakukan kunjungan dari PT PLN P3B JB(Penyaluran dan Pusat Pengaturan Beban Jawa Bali). Sesampainya di perusahaan tersebut, mahasiswa sempat menunggu beberapa menit karena pihak dari perusahaan belum siap untuk menyambut. Dan setelah beberapa menit mahasiswa disambut dan langsung diajak ke sebuah showroom dari produk-produk yang diproduksi oleh PT MASPION. Setelah puas melihat-lihat produk Maspion, mahasiswa langsung diajak ke ruang diskusi, disana pihak perusahaan memberikan penjelasan singkat mengenai profil perusahaan dan juga produk apa saja yang telah diproduksi, serta kemana saja pemasarannya. Dalam diskusi pihak perusahaan juga berbincang-bincang mengenai masalah IT yang digunakan di industrinya. Saat itu PT MASPION menceritakan sedikit mengenai proses bisnisnya yang masih menggunakan sistem informasi tradisional yaitu yang masih berbasis Microsoft office excel. Jadi data-data produk dan yang lainnya masih dikelola dengan Microsoft office excel. PT MASPION juga sempat ingin menerapkan sistem informasi baru, yaitu sistem informasi milik Oracle, tapi sistem tesebut batal diterapkan, hal itu karena ketidakcocokan antara sistem dengan proses bisnis milik PT MASPION. Ketidakcocokan tersebut adalah karena sistem milik Oracle adalah sistem yang terintegrasi, sementara di PT MASPION terbagi-bagi menjadi beberapa unit dan tiap unit memiliki sistem pengelolaannya sendiri. Jadi untuk menggabungkan semua sistem menjadi satu, itu dirasa sangat sulit, dan dilain hal akan mengubah total proses bisnisnya. Oleh karena itu, sistem milik Oracle dirasa kurang cocok.
Sesi penjelasan hanya dilakukan sebentar, lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi ini tidak banyak mahasiswa yang bertanya, karena dari sesi penjelasan sebelumnya, tidak banyak dibahas mengenai masalah IT. Selesai sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan menyerahkan kenang-kenangan kepada pihak perusaahaan sebagai tanda hormat. Barulah setelah itu mahasiswa diajak berkunjung ke pabrik dan melihat proses produksi dari salah satu produk Maspion, yaitu Teflon. Dari perusahaan ini mahasiswa mendapatkan informasi mengenai langkah-langkah memproduksi sebuah produk, dan juga mengetahui bagaimana kondisi lingkungan pekerjaan di pabrik. Dan terakhir setelah keluar dari pabrik, dosen, mahasiswa, dan pihak perusahaan mengadakan foto bersama.
Gambar 2. Foto Bareng Maspion

C.    Kunjungan Ke PT SARI BAHARI
Hari kedua kunjungan KL(Kuliah Lapangan) adalah ke PT SARI BAHARI. Sesampainya mahasiswa di perusahaan, mahasiswa dan dosen langsung disambut dengan hangat oleh pihak perusahaan. Pihak kampus merasa sangat senang karena telah disambut dan begitu dihormati. Dan setelah itu, sama seperti saat berkunjung ke perusahaan yang sebelumnya,pihak perusahaan mulai menjelaskan mengenai profil perusahaannya dan produk apa saja yang diproduksinya. Untuk setiap produk bomnya diperkenalkan satu persatu mulai dari bom tipe P-100 yang digunakan untuk latihan saja, P-100 L yang digunkan pada pesawat tempur, P-25, dan smoke warhead yang juga digunakan untuk latihan. Setelah sesi penjelasan selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dan di sesi ini tidak banyak juga yang bertanya, alasanya sama seperti sebelumnya, karena tidak begitu berkaitan dengan masalah IT, hanya ada beberapa proses yang menerapkan IT. Walaupun begitu, PT SARI BAHARI sudah merencanakan akan menerapkan IT pada produknya. Penerapan IT tersebut rencananya akan diterapkan untuk merancang bentuk dari bom. Jadi dibuat sebuah sistem yang bisa melakukan simulasi ledakan, agar saat proses perancangan bom, baik dari segi ukuran dan bahan-bahannya bisa diperhitungkan dengan baik. Disini mahasiswa mendapat informasi bagaimana bom itu diproduksi dan bagaimana cara kerja bom saat dipakai, serta siapa saja konsumennya. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dan foto bersama. Lalu berkeliling melihat tempat workshop PT SARI BAHARI, dan juga melihat bom-bom yang sudah selesai diproduksi.
Gambar 3. Foto Bareng Sari Bahari





BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Kuliah lapangan yang mulai dilaksanakan pada tanggal 20 oktober sampai dengan tanggal 23 oktober 2013 sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena dalam kegiatan tersebut mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman yang  baru. Dimulai saat berkunjung ke PT PLN P3B JB(Penyaluran dan Pusat Pengaturan Beban Jawa Bali), di PLN mahasiswa mendapat pengetahuan bagaimana sebenarnya listrik didistribusikan. Selanjutnya ke PT MASPION, mahasiswa berkunjung ke salah satu unit perusahaannya, yang dimana unitnya ini memproduksi produk Teflon. Di unit tersebut mahasiswa diajak berkeliling untuk melihat proses produksi. Kemudian yang terakhir mahasiswa berkunjung ke perusahaan bom yaitu PT SARI BAHARI. Ada beberapa jenis bom yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Dan dari ketiga perusahaan yang dikunjungi, PT PLN lah yang sudah menerapkan IT dengan baik pada proses bisnisnya, yaitu sistem SCADA yang digunakan untuk memantau pemakaian listrik. Sementara untuk PT MASPION dan PT SARI BAHARI belum banyak menerapkan IT. Ternyata dari banyak perusahaan yang ada, tidak semua perusahaan memanfaatkan IT untuk membantu proses bisnis perusahaannya. Hal tersebut mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perusahaan memang tidak butuh untuk  menerapkan sistem informasi karena sudah puas dengan sistem yang dimilikinya, sistem informasi tidak cocok dengan proses bisnis perusahaan, dan lain sebagainya. Dari hasil kunjungan KL, mahasiswa telah mendapatkan banyak informasi yang sangat bermanfaat.

B.    Kesan Selama Mengikuti Kuliah Lapangan
Kuliah lapangan sangat berkesan bagi mahasiswa, karena selain mahasiswa bisa mendapat pengalaman dan wawasan baru, mahasiswa juga merasa sangat senang karena bisa berkumpul dan berekreasi bersama dengan teman-teman. Saat berada diperusahaan, mahasiswa sangat kagum dengan hal-hal yang dikerjakan oleh karyawan diperusahaan tersebut. Seperti di PLN, mahasiswa bisa melihat sebuah sistem yang begitu besar untuk memantau pemakaian listrik di banyak daerah. Dan saat berekreasi, mahasiswa merasa sangat senang bisa berkunjung ke taman rekreasi. Perjalanan yang cukup melelahkan dapat terbayar dengan hiburan yang didapatkan di taman rekreasi. Disana mahasiswa bisa bermain-main bersama teman-teman, sehingga bisa mersasa sangat terhibur.  

C.    Kritik dan Saran

Masalah transportasi. Tempat duduk pada bus tidak begitu nyaman saat diduduki dan saat dipakai untuk tidur. Untuk makan, baik makan pagi, siang, atau malam lebih baik makan bersama dirumah makan, jangan diberikan makan nasi kotak. Dan untuk rekreasi, mahasiswa lebih diperhatikan saat memainkan wahana, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Kemudian untuk saran, saat berkunjung kepusat oleh-oleh, diusahakan pusat oleh-oleh yang lebih ramai, sehingga lebih banyak pilihan. Untuk wisma diusahakan yang lebih nyaman dan kamar tidurnya agak luas. Lalu untuk rekreasi diusahakan selalu bersama-sama, jadi teman-teman tidak berpisah, sehingga momen kebersamaanya dapat. Dan terakhir yang paling penting adalah untuk perusahaan yang dikunjungi diusahakan lebih banyak yang ada bidang ITnya. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar